Kualitas Furniture Mebel Jepara

Mebel atau furniture adalah istilah yang digunakan untuk perabot rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur, tempat mengerjakan sesuatu dalam bentuk meja atau tempat menaruh barang di permukaannya. Misalnya furniture sebagai tempat penyimpan biasanya dilengkapi dengan pintu, laci dan rak, contoh lemari pakaian, lemari buku dan lain-lain.




Furniture dapat terbuat dari kayu, bambu, logam, plastik dan lain sebagainya. Furniture sebagai produk artistik biasanya terbuat dari kayu pilihan dengan warna dan tekstur indah yang dikerjakan dengan penyelesaian akhir yang halus.

Barang-barang furniture harganya dipengaruhi oleh bahan yang digunakan dalam pembuatannya, karena bahan yang digunakan menentukan kualitas dari barang furniture. Selain bahan, ornamen turut mempengaruhi harganya, karena semakin rumit proses pengerjaan atau pembuatan ornamen yang terdapat pada benda furniture tersebut maka harganya pun akan semakin mahal.

Kualitas bahan tergantung dari jenis kayu dan umur kayu. Karena kualitas jenis kayu sangat beraneka ragam mulai dari yang paling kuat, sedang dan tidak kuat. Di Jawa Tengah, banyak sekali jenis kayu yang dapat digunakan untuk menjadi bahan pembuatan furniture. Walaupun memang pada kenyataannya kualitas kekuatan dan ketahanannya tidak seperti jenis kayu Jati. Akan tetapi jenis-jenis kayu lokal tersebut dapat dijadikan sebagai bahan alternatif atau sebagai bahan tambahan untuk kayu jati.

Kabupaten Jepara adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang sangat kaya akan bahan baku. Seperti berbagai jenis kayu, rotan dan lain- lain, secara geografis letaknya sangat strategis, merupakan lintasan antara Negara Malaysia dan Brunai Darusalam selain itu juga merupakan lintasan antar kabupaten di provinsi Jawa Tengah.

Sampai saat ini kayu dan rotan yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal hal ini disebabkan oleh sumber daya manusia (SDM) yang masih sangat rendah, sehingga tidak ada keinginan untuk mengolah bahan-bahan yang ada menjadi barang yang bernilai tinggi. Selama ini bahan kayu seperti itu lebih banyak digunakan untuk pembuatan rumah, untuk dinding, lantai rumah, pintu dan jendela, Padahal kayu-kayu itu masih bisa digunakan untuk dibuat barang-barang lain yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Pada saat ini di Jawa Tengah sebenarnya sudah ada usaha-usaha mebel yang dibuat yang mengolah kayu dengan produksi yang dihasilkan, yaitu: lemari kursi, meja, jendela, pintu dan lain sebagainya. Tetapi, hasilnya baik secara desain maupun kualitas pengerjaan kurang baik dan perkembangan desainnya sangat lambat. Desain furniture yang ada masih sangat sederhana, belum ada kreasi yang baik dan inovatif dalam desainnnya. Hal itu dikarenakan rendahnya pendidikan para pengerajin kayu, dan kurangnya pengetahuan mereka tentang desain.

Di salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara, yaitu Ngabul saat ini ada usaha furniture yang membuat barang-barang furniture rumah tangga seperti lemari, kursi, meja, dipan, buffet, dan lain sebagainya dari bahan kayu dengan kualitas yang sudah sangat baik. Adapun nama perusahaan tersebut adalah “Sae Mebel Jepara”.

Perusahaan ini adalah bukan satu-satunya perusahaan yang memproduksi barang-barang furniture jepara untuk rumah tangga yang ada di sana. Salah satu produk unggulan perusahaan ini adalah kursi tamu, kursi tamu yang mereka buat banyak sekali peminatnya. Hal ini dikarenakan kursi-kursi tamu yang dibuat sangat baik kualitasnya, baik dari segi bahan maupun dari segi keindahan atau nilai estetisnya.

Pada kursi tamu yang diproduksi oleh Sae Mebel Jepara dapat dijumpai ornamen-ornamen yang sangat indah, kualitas pengerjaannya sangat baik. Ornamen-ornamen tersebut biasanya berbentuk tumbuh-tumbuhan yang diukir pada bagian-bagian tertentu pada kursi tamu, sehingga membuat tampilan kursi tamu yang diproduksi oleh Sae Mebel Jepara sangat cantik dan unik.

Namun, dari setiap ornamen yang dijumpai pada barang-barang mebel rumah tangga yang diproduksi, tidak ditemukan ornamen-ornamen yang bernuansa etnik daerah tempat usaha ini dibuat. Padahal banyak sekali ornamen-ornamen etnik yang ada di Jawa Tengah yang memiliki nilai estetis yang sangat tinggi.

Berbagai motif tradisional Indonesia yang telah ada sejak lama dan sudah cukup terkenal, seperti motif burung elang, bunga terong dan sebagainya.

Bila dilihat dari hasil ukiran ornamen-ornamen dan ketahanan kursi tamu yang ada, sudah pasti Sae Mebel Jepara membuat kursi tamu dengan material kayu yang sangat baik, karena jika kayu yang memiliki kualitas yang tidak baik di pahat atau diukir hasilnya tidak akan baik, permukaan bekas pahatan akan berbulu dan akan ada retakan. Selain itu tentunya jika kualitas material kayu yang digunakan untuk membuat kursi tamu tidak baik, maka kekuatan dan ketahanan kursi tamu pasti sangat buruk yaitu mudah lapuk dan mudah patah.

0 komentar:

Posting Komentar